Sabtu, 23 September 2017

3 Penyakit yang Diderita Umat Islam Saat Ini


Tidak hanya penyakit jasmani yang diderita manusia. Manusia juga mempunyai penyakit ruhani. Terlebih penyakit ini banyak sekali menimpa umat Islam tanpa kita sadari. Seiring bergantinya zaman, semakin banyak dan berkembang pula penyakit-penyakit ruhani yang menimpa umat ini.

Umat islam, khususnya umat Rasulullah saw. adalah umat terbaik jika dibandingkan umat sebelumnya. Namun, di sini bisa kita bedakan kualitas umat pada masa Rasulullah saw. masih hidup dan pada saat beliau wafat. Jelas sangat berbeda, karena ketika Rasulullah saw. wafat muncul banyak sekali fitnah dunia, dan fitnah yang terbesar yaitu fitnah akhir zaman.

Bahkan penyakit ini sudah ada sejak umat-umat terdahulu. Semua penyakit yang diderita umat Islam terdahulu mengacu pada kecintaan kepada al-wahn (cinta dunia dan takut mati). Karena wahn tersebut yang menyebabkan umat Islam terpecah belah dan hingga saat ini banyak yang telah meninggalkan ajaran Islam yang lurus.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. menjelaskan tentang penyakit umat Islam.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, "aku mendengar Rasulullah SAW. bersabda, 'Umatku akan terjangkit penyakit umat-umat terdahulu' maka mereka bertanya, 'wahai Rasulullah, apa saja penyakit-penyakit umat terdahulu itu?' Rasulullah saw. menjawab, 'Terlalu sombong, kufur nikmat, berlebihan saat mendapat nikmat, menumpuk harta dan berlebih-lebihan dalam masalah dunia, saling membenci, saling dengki-mendengki sehingga ia menjadi orang yang melampaui batas' (HR. Al-Hakim).

Penyakit-penyakit umat terdahulu yang disebutkan Rasulullah saw. di atas telah banyak juga kita jumpai pada zaman sekarang ini. Tidak hanya itu, banyak penyakit-penyakit umat Islam saat ini yang telah berkembang lebih jauh lagi.

Berikut adalah beberapa penyakit yang menimpa umat Islam saat ini.

1. Sekulerisme

Sekulerisme adalah sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah badan atau negara harus berdiri terpisah dari agama. Sederhananya, sekulerisme adalah pemikiran yang memisahkan agama dari semua urusan kehidupan.

Umat Islam saat ini sedang dihadapi oleh berbagai macam perang pemikiran dengan taktik-taktik yang tidak buruk juga. Orang-orang yang ingin menghancurkan umat Islam telah mendoktrin umat Islam agar menjauhkan segala urusan agamanya dengan urusan dunia.

Sekarang dapat kita lihat banyak sekali perilaku kebarat-baratan yang menjangkit pemuda muslim saat ini. Ini adalah salah satu cara paling jitu untuk menjatuhkan umat Islam. Dan perilaku tersebut membuat kita jauh dari agama kita sendiri, menurunkan tingkat keimanan kita, dan pada akhirnya menghancurkan umat Islam.

2. Pluralisme

Secara garis besar, pluralisme adalah paham yang menyatakan bahwa kebenaran itu bersifat banyak dan tidak tunggal. Dengan kata lain, yaitu terjadinya banyak perbedaan pendapat di dalam Islam. Penyakit yang kedua ini yang menyebabkan umat Islam terpecah belah pada saat ini.

Banyak muncul paham-paham Islam yang baru, hal tersebut menyebabkan banyak aliran-aliran sesat dan tidak sejalan. Banyak aliran yang saling mencaci, merendahkan satu sama lain, dan tidak saling hormat. Toh, kalau kita menjauhkan paham pluralisme ini dan lebih mengutamakan persatuan, pasti umat Islam tidak ada yang mencaci satu sama lain.

3. Liberalisme

Liberalisme ini adalah penyakit lain yang tidak kalah bahaya. Liberalisme ada banyak macamnya, seperti politik liberal, ekonomi liberal, dan demokrasi liberal. Meski demikian, yang menjadi fokus di sini adalah Islam liberal.

Liberal secara sederhana berarti bebas. Paham Islam liberal ini yang dapat mendorong kita untuk bebas dalam menafsirkan ajaran-ajaran Islam agar Islam dapat menyatu dengan budaya modern. Pemuda-pemuda muslim zaman sekarang banyak yang di doktrin oleh budaya-budaya barat yang menyebabkan pemikiran mereka terhadap Islam menjadi salah.

Orang-orang liberal lebih suka berpikir dengan logis ketimbang meyakini sesuatu yang tidak pasti. "Kalau kita buang hajat, kan yang terkena najis hanya kemaluan saja. Kenapa kita harus berwudhu, sedangkan berwudhu tidak membersihkan kemaluan?" pertanyaan seperti itu yang mesti kita buang jauh-jauh.

Sebab, ketika kita berpegang kepada sebuah agama, maka berpegang teguhlah. Jangan setengah-setengah. Di dalam agama Islam, ada sejumlah ajaran yang tidak bisa kita renungkan secara logika. Seperti misalnya, hukum sunnah membunuh cicak.

Oleh sebab itu, jangan pedulikan jika ada yang melontarkan pertanyaan-pertanyaan liberal semacam ini. Jika disuruh menjawab, jawablah sebagaimana para sahabat menjawab, Allahu wa rasululuhu 'alam "Allah dan rasulnya lebih tahu."

Penutup

Tiga penyakit modern di atas adalah bukti nyata bahwa kita umat Islam harus senantiasa menjaga akidah kita dari hal-hal yang membuat keyakinan kita tergoyah. Kita sebagai umat Islam hanya perlu meyakini bahwa agama yang dibawa, dan disampaikan oleh Rasulullah adalah benar sepenuhnya.

Rasulullah adalah utusan terbaiknya Allah swt. yang berhasil mencetak generasi-generasi platinum di muka bumi ini. Hilangkan semua perbedaan yang ada, bersatulah menjunjung tinggi kalimat tauhid, dan teruslah berusaha menjadi pribadi yang terbaik. Kelak akan mendapatkan ganjaran yang setimpal di akhirat.

Wallahua'lam.