Jumat, 09 September 2016

Keutamaan Berpuasa Senin Kamis Menurut Islam dan Medis


Berpuasa adalah sesuatu yang tidak asing lagi bagi umat muslim. Puasa sendiri berarti menjaga hawa nafsu dari lapar dan dahaga. Salah satu puasa yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. adalah puasa sunah senin-kamis. Seperti namanya, puasa sunah tersebut dilakukan setiap satu pekan pada hari senin dan kamis.

Puasa senin-kamis sendiri memiliki keutamaan yang tidak dapat Anda temui di amalan-amalan lainnya. Di antara keutamaan puasa senin kamis adalah sebagai berikut.

Menurut Pandangan Islam

Rasulullah saw. bersabda terkait keutamaan berpuasa senin-kamis bagi umat muslim, 

"Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun bakal diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki perselisihan antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, 'akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.'"

Dengan demikian, jika kita berpuasa senin-kamis secara rutin, niscaya amalan kita akan lebih cepat tersampaikan karena pada hari itu pula pintu surga dibuka.

Rasulullah sendiri menjadikan puasa senin-kamis sebagai salah satu amalan favorit. Aisyah pernah berkata (An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739) bahwa Rasulullah saw. biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

Dengan berpuasa senin kamis secara rutin amalan yang kita punya tentunya akan bertambah. Puasa senin kamis juga dapat menjauhkan kita dari hawa nafsu berlebih dan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah swt.

Menurut Pandangan Medis

Puasa senin-kamis tidak hanya mempererat hubungan kita dengan Sang Pencipta, tetapi juga memiliki keutamaan tersendiri bagi tubuh kita. Dr al-Qadhi, Dr. al-Bibabi beserta rekannya di Amerika melakukan uji laboratorium terhadap sejumlah sukarelawan yang berpuasa di waktu Ramadan. 

Dari hasil penelitian tersebut terungkap bahwa puasa memberikan dampak positif terhadap tubuh kita. Di bawah ini merupakan sejumlah manfaat yang kita peroleh saat menjalankan rutinitas puasa di hari Senin dan Kamis atau hari-hari lainnya.

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat berpuasa secara rutin adalah kekebalan tubuh kita akan meningkat. Dengan berpuasa kenin kamis tubuh kita akan lebih mudah memproduksi sel-sel yang dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk menghadapi serangan penyakit. Berpuasa sama halnya kita mengatur pola makan secara teratur, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh akan lebih terkontrol dan sari-sari makanan akan tersalur dengan baik.

2. Sebagai Detoksifikasi Alami

Menurut Dr. Mehmet Cengiz Oz (dokter ahli bedah jantung) nan terkenal di Amerika, menyatakan bahwa berpuasa adalah cara alami bagi tubuh melakukan detoksifikasi terhadap racun-carun yang ada. Organ-organ yang berperan melakukan detoks racun seperti hati, usus besar, dan ginjal akan bekerja dengan lebih optimal mengolah dan membuang racun dalam tubuh tatkala kita berpuasa.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Seperti yang mungkin Anda ketahui, terlalu banyak mengonsumsi makanan terutama makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan tubuh menyimpan gula darah yang berlebih. Satu di antara keutamaan berpuasa rutin senin kamis adalah mengontrol kelebihan gula darah tersebut.

Dengan berpuasa tubuh kita yang memproduksi hormon insulin yang lebih mudah mengubah gula darah menjadi gula otot (glikogen), sehingga tidak terjadi pengendapan gula darah yang berlebih dalam tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Demikianlah keutamaan berpuasa senin kamis yang dapat diperoleh dari sisi agama dan medis. Berpuasa senin kamis secara rutin tidak hanya memperkuat kerohanian kita, tetapi juga menyehatkan jasmani kita. Maka mulailah berpuasa senin kamis secara rutin!