Selasa, 06 September 2016

Ini Bahaya Tidur Setelah Salat Subuh Menurut Pandangan Islam dan Medis


Tidur adalah salah satu kebutuhan dalam hidup manusia. Ketika tidur tubuh akan tetap melakukan tugasnya atau bahkan melakukan tugas terberatnya, salah satunya adalah melakukan detoksifikasi untuk memproses racun-racun di dalam tubuh agar dapat dikeluarkan dengan lebih baik.

Tidak hanya secara medis, tidur juga memberikan banyak khasiat jika dilihat dari sudut pandang agama. Agama Islam memberikan beberapa waktu tidur yang baik dan waktu tidur yang terlarang untuk para pemeluknya. Di antara waktu terlarangnya tidur adalah pagi hari atau selepas salat subuh.

Dalam ajaran Islam, shalat subuh adalah "peluit" tanda dimulainya rutinitas harian Anda. Setelah melaksanakan kewajiban shalat subuh, sesungguhnya umat muslim dilarang untuk kembali tidur.

Mengapa? Alasannya dipaparkan di bawah ini.

1. Kehilangan Berkah

Alasan pertama mengapa setelah shalat subuh seseorang dilarang untuk tidur adalah karena doa Nabi Muhammad saw. yang memohon pada Allah untuk memberkahi mereka yang memulai pekerjaan pada dini hari. Beliau saw. memohon agar berkah diturunkan bagi mereka yang bersemangat setelah melakukan shalat subuh, lancar rezeki, dan usaha agar lebih mudah bersedekah dan banyak lagi.

2. Gampang Sakit

Hal lain yang menyebabkan tidur pagi dilarang adalah badan jadi mudah sakit. Salah satu sakit yang disebabkan tidur pagi adalah sakit kepala. Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa tidur pagi menyebabkan seseorang mengalami lemah syahwat. Dan masih banyak lagi penyakit yang berhubungan dengan kesehatan yang dapat terjadi ketika Anda memiliki kebiasaan tidur pagi, di antaranya adalah penyakit jantung, diabetes, dan ketidakseimbangan pada otak Anda.

3. Rezeki Terhalang

Sesuai dengan doa yang dilantunkan Nabi saw., pagi hari adalah waktu yang sangat baik untuk memulai aktivitas Anda. Hal ini dikarenakan banyaknya berkah dan rezeki yang dapat diraih. Selain itu, waktu pagi hari baiknya dilakukan untuk mempersiapkan hari dan juga memperbanyak dzikir. Efeknya, Anda akan lebih siap untuk hari-hari Anda dan juga terbebas dari rasa malas.

Tidur terlalu larut juga bukan merupakan tidur yang baik. Tidur yang baik dilakukan setelah shalat isya yaitu sekitar jam 8 hingga 10. Jika Anda tidur larut karena alasan pekerjaan, hal ini juga bukan merupakan alasan yang logis.

Jika Anda bekerja baiknya Anda menggunakan waktu istirahat Anda yaitu setengah jam sebelum jam 12. Waktu tersebut merupakan waktu yang paling baik untuk melakukan istirahat. Tidur setengah jam setelah jam 11 dapat memberikan kualitas tidur setara dengan 2 jam waktu tidur di malam hari. Pendapat medis juga menyatakan waktu ini adalah waktu yang baik untuk tidur karena tidur pada waktu tersebut dapat mengurangi tekanan pada otak dan mengurangi peningkatan denyut jantung.

Ini Adalah Postingan Terlama